Thursday, September 6, 2007

Nelpon & Chatting di Pesawat? Kenapa tidak!

Sebagaimana telah menjadi peraturan penerbangan internasional dan kita fahami bersama, pesawat HP adalah WAJIB DIMATIKAN ketika dalam pesawat. Banyak tulisan di berbagai media, milis atau blog, seperti di blog ini, yang menjelaskan tentang bagaimana frekuensi HP akan berinterferensi dan mengganggu sistem komunikasi dan kontrol pesawat, serta kecelakaan yang pernah terjadi karena penggunaan HP.

Bagi Anda para bisnisman dan eksekutif yang setiap saat dituntut untuk berkomunikasi dengan rekan bisnis atau online internet walaupun di dalam pesawat, jangan khawatir. Dalam rangka memberikan pelayanan komunikasi dalam pesawat, sebuah perusahaan telekomunikasi yang berbasis di Swiss, OnAir, menawarkan layanan komunikasi sehingga penumpang pesawat bisa mengirim sms dan menelepon bahkan berinternet selama penerbangan. Sistem komunikasi ini bukan teori semata, OnAir dalam press release-nya, yang bisa dibaca di sini dan di sini, bahkan telah menggandeng dua perusahaan penerbangan besar, KhingFisher dan ShenZhen, untuk mengaplikasikan teknologi mereka.

Hitesh Patel, Wakil Presiden Eksekutif KhingFisher Airlines, mengatakan bahwa pihaknya sangat bangga bisa memberikan layanan eksekutif berupa entertainment dan live TV kepada penumpangnya. "Apalagi menjadi perusahaan penerbangan pertama, bukan hanya di India, bahkan di dunia, yang menawarkan layanan OnAir. Sungguh kesempatan yang luar biasa.", imbuhnya.

Pernyataan senada juga disampaikan Li Kun, Presiden Shenzhen Airlines. Dia mengatakan bahwa tujuan perusahaannya adalah membangun perusahaan berkelas dunia dan menawarkan berbagai layanan inovatif seperti Mobile OnAir ini. Shenzen akan menjadi maskapai pertama di Cina yang menawarkan layanan komunikasi selama penerbangan.

Anda mau mencobanya? Silahkan pesan tiket awal-awal. Saya baca di sini dua hari yang lalu, tiga pesawat berjenis Boeing737 dan Airbus320 milik Shenzhen akan diujicoba pada pertengahan 2009 nanti bersamaan dengan perhelatan akbar Beijing Olympic Games.

Bagi saya, low fare flight seperti maskapai ini, rasanya cukup memenuhi kebutuhan. Meskipun harus berdesakan rebutan tempat duduk, beli softdrink kalau kehausan (karena tidak diberi dan dilarang bawa dari bawah) dan khususnya MEMATIKAN HP ketika di dalam pesawat, yang penting bisa mengunjungi orang-orang yang di sini.

Wassalam

2 comments:

Sri Atmaja P. Rosyidi said...

Tapi mas, mungkin perlu catatan deh, bayarnya pake credit card nggak. karena dulu pengalaman waktu naik pesawat "ini" dan "itu", ada juga fasilitas nelpon, cuma pake credit card, hehehehe. Tapi ide on-line (WIFI) di pesawat ok juga nich. Bisa juag (ide), bagaimana jika mobil "lancer - Kajang" dibuat Wifi (online mobile atau on line "neng" mobil-e)??? piye mas teknologinya, hehehehe.

masimet said...

Layanan nelpon dari pesawat pake credit card mmg telah ada sebelumnya, tp bukan pakai HP kita. Kalo yg OnAir punya ini teknologinya dia sebut SwiftBroadBand, pake satelit yg bisa meng-cover hampir seluruh permukaan bumi pada ketinggian lintasan pesawat. Emang teknologi anyar, jadi OnAir pun masih me"rahasia"kan. Kalo online di mobil "Lancer-Kajang" mah dijamin aman, kecuali sambil "gojekan" dg si-asisten sopir, hehe...