Tuesday, February 3, 2009

sayyida syaima al murtadho (asya) genap 4 tahun pada tanggal 9 nopember 2008 yang lalu. sebagaimana di jogja setelah usia 3 th asya selalu menyatakan keinginannya sekolah, demikian pula di malaysia. sejak kepindahan ke malaysia 7 okt 2008, selama beberapa bulan asya bermain sambil belajar di rumah saja.

seringkali asya bertanya, "kapan to aku sekolahnya?"
"sabar ya, sayang. kita perlu cari dulu tadika (taman kanak-kanak) untuk asya, masuk sekolahnya baru bulan januari tahun depan", jawab kami. mulai akhir nopember sampai desember dimulailah survey mencari tadika.

ada tiga tadika yang sempat kami datangi dan akhirnya kami putuskan mendaftarkanasya ke tadika ke-3 yaitu tadika qousar. sebenarnya dari ketiga tadika tidak jauh berbeda karena mengacu pada kurikulum tadika yang telah ditentukan pemerintah (berdasarkan informasi yang kami peroleh dari pengelola tadika). kalau akhirnya pilihan jatuh ke tadika qousar ada kelebihannya dibandingkan tadika yang lain.

pertama, ketersediaan brosur atau kelengkapan administrasi. semestinya brosur ini ada di tiap tadika, tapi kenyataannya hanya tadika ke-3 yang menyediakan brosur. hal ini menjadi indikasi tadika yang lain kurang siap pengelolaan administrasinya.
kedua, komunikasi yang paling berkesan dengan pengelola tadika adalah tadika qousar karena respon paling baik, terbuka, memahami apa yang kami sampaikan baik berupa saran atau usulan, komunikasi mudah dilakukan.
ketiga, pelayanan dan komunikasi yang dilakukan oleh pengelola tadika qousar juga yang paling baik.
keempat, sistem pengajaran rata-rata sama, tapi kami tidak pilih tadika yang menawarkan lebih banyak program karena kurikulum sudah berat.
kelima, lokasi dan sarana baik.keenam, biaya/bln 3jam/hr biaya terjangkau 120(rp 385rb).

catatan 1 : kami tidak mementingkan banyaknya materi pelajaran jadi tidak mengutamakan program tambahan (di indonesia sudah terpadu bermain-belajar pelajaran umum maupun agama). cukup kurikulum standar aja kami rasa berat untuk anak tk karena materi jauuh lebih banyak dari indonesia. yang kami utamakan asya senang main dan belajar di sekolah, senang berinteraksi dengan cikgu dan teman - temannya, paham apa yang disampaikan cikgu yang semuanya akan berpengaruh dalam pembentukan karakternya.

catatan 2 : harapan ketika cari sekolah adalah yang suasananya ceria, asyik beraktivitas, cara mengajar disesuaikan dengan anak.

catatan 3 : setelah sempat menungguin asya, ternyata suasana kelas ceria, cikgu komunikatif, terbuka, senang dengan
dunia anak,lucu, banyak ide, ada juga saran kami :


hendaknya cikgu yunior ikut proaktif dalam komunikasi dengan murid seperti cikgu senior.

mengurangi larangan dan jangan terlalu banyak peraturan(apalagi umur 5 dan 6 digabung, jadi peraturan yang seharusnya untuk 6 tahun juga disampaikan kepada kelas 5th. idealnya anak usia 5 dan 6th dipisah, namun disini masih bisa ditoleransi karena jumlah murid sedikit dan beban materi pelajaran menurut cikgu dibedakan antara usia 5 dan 6th.

3 comments:

masimet said...

hmmm...pengin tadika yg macem TKIT di jogja, tp bulanan ga kejangkau deh.

yup...sekarang ini asal anak enjoy belajar melalui bermain, belajar social life. yg lain2 di top-up sama ummi di rumah.

thx ummi for caring them

Meti said...

selamat ya sayid uda bisa sekolah lagi
kmrn mba anisa banyak cerita

- Keluarga Elkis Liyunita Riyadi - said...

makasih mbak metik. anak2 ok kan? jogja masih ayem kah