Monday, April 16, 2007

Apa itu Mega Pixel ?

Anda punya kamera digital? Hampir semua akan menjawab, "Ya !". Sekarang ini kamera digital bak kacang goreng. Tidak cuma yg hobi fotografi, bahkan yg dulu-dulu ga pernah pegang kamera pun sekarang bisa jadi fotografer amatiran. Naik daunnya kamera digital juga didorong oleh maraknya built-in camera dalam pesawat handphone. So, praktis bisa jeprat jepret sana sini..

Tentu Anda juga tidak asing dengan istilah "Mega Pixel" yg selalu ngikut pada spesifikasi kamera digital. Mega pixel adalah satuan yg menunjukkan resolusi gambar. Makin tinggi resolusinya, makin bagus gambar yg dihasilkan oleh kamera. Gampangnya, kamera 5,2 MPixel jelas akan menghasilkan gambar yg lebih bagus dari pada kamera 0,3 MPixel. Tinggi rendahnya resolusi dipengaruhi oleh jenis dan kemampuan sensor (di dalam kamera) yg tugasnya adalah mengubah sinyal2 cahaya dari objek yg ditangkap menjadi sinyal diskrit yg disimpan dalam memori kamera.


50x38 pixel (17kB) 200x150 pixel (39 kB)

Istilah "pixel" sebenarnya singkatan dari "picture element", yaitu satu titik bagian dari sebuah gambar. Kalau kamera kita punya resolusi 1,3 MPixel bermakna bahwa satu foto yang dihasilkan tersusun dari 1280×1024 titik (Mega=10e6).

Biasanya, pada kamera digital terdapat menu utk memilih resolusi foto yg diinginkan. Semakin besar resolusi yg dipilih, semakin bagus kualitas foto yg didapatkan tetapi semakin besar pula file yg dihasilkan. Hal ini berkaitan dengan jumlah foto yg bisa disimpan oleh memoy card Anda. Katakan Anda memilih resolusi 2560x1920 yg kira-kira besarnya file 1MB/foto, bila memory card Anda cuma 128 MB maka hanya sekitar 120an foto yg bisa Anda simpan. Biasanya juga, kalo memory card dah hampir penuh, kamera sering 'hang' kan. Makanya segera aja dipindahin ke komputer.

So, bijaksanalah men-set resolusi kamera Anda. Semoga bermanfaat.

Mas Imet - doing research in image processing

No comments: